Pendidikan pada saat ini banyak orang yang berpendapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknologi akan membuat peserta didik menjadi lebih cepat paham mengenai materi yang diajarkan oleh guru dan peserta didik akan memiliki wawasan yang luas dan cara berpikir yang ilmiah.
Tetapi , yang telah dilihat sekarang tidak semua pendapat tersebut sesuai dengan fungsi dari media pembelajaran berbasis IT yang akan menjadikan peserta didik memiliki keterampilan berpikir ilmiah dan memiliki wawasan luas dan mendunia. Jika dilihat dari pelaksanaannya di sekolah sebaiknya penggunaan media pembelajaran berbasis IT belum sepenuhnya tepat digunakan di SD dan perlu di kaji ulang oleh lembaga yang mentapkan bahwa dengan IT akan tercipta sesuatu yang modern.
Sebenarnya ide untuk menggunakan media pembelajaran dengan berbasis IT sangat bagus dengan harapan-harapan yang bagus juga tentunya namun sekali lagi dalam pelaksanaannya masih sangat banyak menimbulkan permasalahan yang sangat kompleks di beberapa daerah, belum masalah infrastruktur, masalah seperti apa media bebrasis IT yang cocok untuk peserta didik SD. Jika penggunaan media pembelajaran berbasis IT tetap dilaksanakan , sangat banyak sekali SD yang akan mengalami kesulitan karena ketiadaan infrasstruktur yang memadai seperti komputer , akses internet , projector dan aliran listrik.
Bisa di bayangkan jika di sekolah tersebut hanya memiliki 1 laptop sedangkan yang mengikuti pembelajaran dan guru yang harus memakai media berbasis IT ada 6 , tentunya pembelajaran tidak akan terlaksana dengan baik sekolah minimal memiliki 6 laptop 6 projector dan aliran listrik yang lebih dari 450 watt. Apabila tetap di paksakan , cara yang bisa disebut terbaik adalah dengan menggunakan laptop secara bergantian , tetapi jalan keluar ini akan menimbulkan masalah baru yaitu ketidak tercapaian indikator pada RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang telah di rancang guru.
Terlebih lagi masalah baru yang akan ditimbulkan adalah jika peserta didik SD telah mengenal teknologi seperti gagdet , tablet , akses internet akan banyak sekali permasalahan yang timbul. Bila peserta didik SD telah mengkonsumsi gagdet mereka belum paham tentang fungsi dan manfaat gagdet bagi kehidupan dia , dia tidak akan paham bahwa gagdet merupakan kecanggihan dari teknologi yang akan memudahkan segala akses komunikasi dan segala akses kehidupan yang dibutuhkan, yang mereka paham gagdet adalah sebagai sumber kesenangan, sebagai simbol bahwa dia lebih keren, sebagai tempat bermain baru bagi dia yaitu dengan banyak menyimpan game / permainan yang akan mengalihkan dunia mereka dari belajar, dari membaca buku dan dari permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan.
Bila gagdet telah merenggut kebiasaan belajar peserta didik SD akan seperti apa pendidikan kita kedepan?. Belum lagi masalah pendidikan karakter yang di takutkan adalah, mereka mengakses halaman-halaman yang seharusnya mereka tidak mengaksesnya bahkan seharusnya mereka tidak mengetahuinya di umur mereka yang masih SD, terlihat beberapa contoh dilapangan banyak anak SD yang sudah kecanduan gagdet dan mereka sudah dewasa belum pada waktunya dan ini merupakan fenomena yang sangat tidak diinginkan oleh pihak manapun.
Semestinya apabila salah satu lembaga mempunyai ide yang sangat bagus untuk memajukan pendidikan pada zaman sekarang, lembaga tersebut jangan terburu-buru, jangan menggunakan ide yang sangat bagus tersebut untuk percobaan lalu baru di kaji ulang setelah timbulnya masalah, harus menjamin keberlangsungan penggunaan IT itu berjalan dengan baik, membawa manfaat yang baik dan memunculkan generasi-generasi penerus pendidikan yang berkualitas. Lembaga tersebut pun perlu melakukan pemikiran yang matang dan sosialisasi yang sangat jelas dan menyeluruh ke sekolah agar dalam pelaksanaan dan sesudah pelaksanaannya tidak menimbulkan masalah.
Judul : MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI SD LEBIH MEMBEBANKAN PESERTA DIDIK DAN MEMUNCULKAN PESERTA DIDIK YANG KURANG BERKARAKTER
Deskripsi : Pendidikan pada saat ini banyak orang yang berpendapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknologi akan membuat peserta didik menjadi le...